MARKETING

MARKETING
X BDP

Rabu, 14 Agustus 2019

CONTOH SOAL ANALISA PASAR





CONTOH SOAL TENTANG ANALISA PASAR



 1. Coba jelaskan apa yang dimaksud analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar? dan cari referensi dari buku       lain tentang analisa, riset, pasar dan analisa riset pasar.

Jawaban:  Analisa adalah suatu kegiatan untuk mencermati dan mengamati secara terperinci sesuatu objek dengan cara menguraikan unsurunsur pembentuknya atau penyusunnya untuk di kaji lebih lanjut. Sesuatu objek adalah produk dan data calon pelanggan berupa prilaku, keinginan dll yang berhubungan dengan produk dan layanan.  Riset adalah suatu proses investigasi yang dilakukan secara aktif, teliti, tekun, dan sistematis, bertujuan untuk menemukan, menginterpretasikan atau menafsirkan, dan merevisi atau menelaah yang baik dan yang buruk data atau informasi.  Pasar adalah salah satu dari berbagai alur yang beraturan (sistem), institusi atau lembaga, prosedur, hubungan sosial dan infrastruktur (tempat) dimana usaha menjual barang, jasa dan tenaga kerja untuk orang-orang dengan imbalan uang.  Analisa riset pasar adalah suatu rancangan, pengumpulan, analisis dan pelaporan data dan temuan secara sistematis, yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu (jenis-jenis pasar) yang dihadapai para pemasar atau perusahaan dengan menyajikan data hasil riset dengan maksud untuk dasar pengambilan keputusan pemasaran


2. Mengapa pemasar atau manajemen perusahaan memerlukan informasi yang tepat dan akurat tentang produk yang akan dijual, konsumen dan pesaing serta potensi pasar?

Jawaban : Informasi yang tepat dan akurat diperlukan dalam mengambil sebuah keputusan jangka pendek maupun jangka panjang dengan maksud untuk meningkatkan penjualan dan pendapatan dari sebuah usaha.

 3. Bagian selain bagian Marketing adalah merupakan pendukung dari bagian pemasaran, coba sebutkan alasannya?

Jawaban: Karena suksesnya bagian pemasaran merupakan kesuksesan bagianbagian lain dari perusahaan tersebut karena didukung oleh bagianbagian lain dari perusahaan.


4. Mengapa bagian marketing sering disebut jantung dari perusahaan?

Jawaban: Karena Bagian Marketing hidup matinya perusahaan, jika penjualan menurun maka perusahaan akan lesu, dan sebaliknya jika bagian marketing dapat memesarkan produk secara sukses maka perusahaan akan bergairah dan akan berjalan sesuai dengan mestinya

 5. Coba sebutkan bagian-bagian apa saja yang ada diperusahaan?

Jawaban: Bagian yang ada diperusahaan pada umum nya yaitu bagian marketing, bagian akuntansi, bagian keuangan, bagian produksi, bagian gudang, dan bagian service. Pada perusahaan yang besar organisasi akan semakin komplek akan lebih banyak perusahaan membentuk bagian-bagian di perusahaan, pada perusahaan kecil mungkin bagian-bagian pada perusahaan semakin sederhana. Bagian-bagian yang ada diperusahaan tergantung kebutuhan yang ditafsirkan oleh manajemen

Tidak ada komentar:

Posting Komentar