CONTOH SOAL ANALISA PASAR
1. Ruang lingkup riset pemasaran meliputi....
a. penentuan karakteristik pasar.
b. pengukuran potensi pasar.
c. analisis pangsa pasar.
d. analisis penjualan.
e. semua jawaban benar.
2. Perusahaan yang menghimpun informasi tentang konsumen dan perdagangan secara periodik untuk kemudian menjualnya kepada kliennya, dikenal sebagai perusahaan ....
a. sindikat jasa riset.
b. riset pemasaran menurut pesanan.
c. riset pemasaran khusus.
d. sindikat riset khusus.
e. jasa riset khusus.
3. Riset pemasaran dimaksudkan untuk memahami ... dengan lebih baik.
a. calon pelanggan.
b. usaha-usaha pesaing.
c. masalah pemasaran.
d. pemasaran barang/jasa.
e. penjualan.
4. Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu:
a. Segmentasi pasar
b. Penentuan posisi pasar (market positioning).
c. Strategi memasuki pasar (market entry strategy).
d. Strategi marketing mix.
e. Jawaban a, b, c dan d benar.
5. Segmentasi pasar merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda. Dalam setiap segmen terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai ....
a. Kebutuhan (needs) yang berbeda-beda.
b. Pola pembelian yang berbeda-beda.
c. Tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran.
d. Jawaban a dan b benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
6. Tidak ada satupun perusahaan yang dapat mencapai pasar dengan memuaskan ….
a. Semua pembeli.
b. Pemiliknya.
c. Pemasoknya.
d. Distributornya.
e. Pemerintah daerahnya.
7. Dasar-dasar yang dapat dipakai untuk segmentasi pasar adalah faktor….
a. Demografi.
b. Geografis.
c. Sosiologis.
d. Psikologis.
e. Jawaban a, b, c dan d benar semua.
8. Faktor demografis segmentasi pasar dapat berupa unsur….
a. Umur.
b. Jenis kelamin.
c. Agama.
d. Jawaban a dan b.
e. Jawaban a, b, dan c benar.
9. Ada syarat-syarat agar kegiatan segmentasi pasar kita efektif (berhasil), yaitu:
a. Measurability.
b. Accessibility.
c. substantiality.
d. Jawaban a dan c benar.
e. Jawaban a, b dan c benar.
10. Marion Harper mengatakan bahwa mengelola bisnis dengan baik adalah mengelola masa depan, dan mengelola masa depan adalah ....
a. membuat rencana.
b. belajar sungguh-sungguh.
c. membeli saham.
d. menuntut ilmu setinggi mungkin.
e. mengelola informasi.
11. Manajemen (pengelola) perusahaan/organisasi harus selalu mengembangkan dan memelihara sistim informasi serta mempunyai keterampilan untuk melaksanakan ….
a. riset pemasaran.
b. penjualan.
c. rencana kerja.
d. pengamatan perusahaan dan pesaing.
e. wawancara dengan pelanggan.
12. Sepanjang sejarah perusahaan-perusahaan, manajemen telah mencurahkan sebagian besar perhatiannya untuk mengelola manusia, modal, material, dan mesin, tetapi melupakan unsur penting yang kelima yaitu ....
a. pelanggan.
b. pinjaman dari bank.
c. informasi.
d. pasar produknya,
e. relasi bisnis.
13. Perkembangan pemasaran dari usaha yang tadinya bersifat lokal ke regional/nasional bahkan internasional perlu didukung oleh ....
a. modal yang besar.
b. pegawai yang banyak.
c. informasi yang akurat.
d. penjualan yang tinggi.
e. data masa lalu.
14. Suatu perusahaan seharusnya mempunyai struktur yang berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan dan prosedur yang ditujukan untuk mengumpulkan, menyaring, menganalisis dan membagikan informasi yang spesifik, tepat waktu dan cermat untuk digunakan oleh manajemen pemasaran, dikenal sebagai....
a. sistim informasi perusahaan.
b. sistim manajemen usaha.
c. manajemen informatika.
d. teknologi informasi pasar.
e. sistim informasi pemasaran.
15. Riset pemasaran adalah salah satu dari empat komponen ....
a. sistim informasi perusahaan.
b. sistim manajemen usaha.
c. manajemen informatika.
d. teknologi informasi pasar.
e. sistim informasi pemasaran.
Beserta jawaban nya bisa kak?
BalasHapusJawabannya enggak ada ya kak
BalasHapus