MARKETING

MARKETING
X BDP

Minggu, 01 September 2019

LATIHAN SOAL 1 Fadia X bdp




LATIHAN SOAL KLS X BDP



Kerjakan Soal dibawah ini dan kirim jawaban ke e-mail : pashajid@gmail.com


1.  Ada lima konsep yang mendasari suatu strategi pemasaran, yaitu:

a.    Segmentasi pasar

b.    Penentuan posisi pasar (market positioning).
c.    Strategi memasuki pasar (market entry strategy).
d.    Strategi marketing mix.

e.    Jawaban a, b, c dan d benar.


2.  Segmentasi pasar merupakan dasar untuk mengetahui bahwa setiap pasar itu terdiri atas beberapa segmen yang berbeda-beda.  Dalam setiap segmen terdapat pembeli-pembeli yang mempunyai ....

a.   Kebutuhan (needs) yang berbeda-beda.

b.   Pola pembelian yang berbeda-beda.

c.   Tanggapan yang berbeda-beda terhadap berbagai macam penawaran
d.   Jawaban a dan b benar.
e.   Jawaban a, b dan c benar.


3.     Tidak ada satupun perusahaan yang dapat mencapai pasar dengan memuaskan ….

a.    Semua pembeli.

b.    Pemiliknya.

c.    Pemasoknya.

d.    Distributornya.

e.    Pemerintah daerahnya.


4.      Dasar-dasar yang dapat dipakai untuk segmentasi pasar adalah faktor….

a.      Demografi.

b.      Geografis.

c.      Sosiologis.

d.      Psikologis.

e.      Jawaban a, b, c dan d benar semua.


5.      Faktor demografis segmentasi pasar dapat berupa unsur….

a.     Umur.

b.     Jenis kelamin.

c.      Agama.

d.     Jawaban a dan b.

e.     Jawaban a, b, dan c benar.


6.      Ada syarat-syarat agar kegiatan segmentasi pasar kita efektif (berhasil), yaitu:

a.       Measurability.

b.       Accessibility.

c.       substantiality.

d.       Jawaban a dan c benar.

e.       Jawaban a, b dan c benar.


7.   Marion Harper mengatakan bahwa mengelola bisnis dengan baik adalah mengelola masa depan, dan mengelola masa depan adalah ....

a.    membuat rencana.

b.    belajar sungguh-sungguh.

c.    membeli saham.

d.    menuntut ilmu setinggi mungkin.

e.    mengelola informasi.

   

8.  Manajemen (pengelola) perusahaan/organisasi harus selalu mengembangkan dan memelihara sistim informasi serta  mempunyai keterampilan untuk melaksanakan ….

a.    riset pemasaran.

b.    penjualan.

c.    rencana kerja.

d.    pengamatan perusahaan dan pesaing.

e.    wawancara dengan pelanggan.


9.  Sepanjang sejarah perusahaan-perusahaan, manajemen telah mencurahkan sebagian besar perhatiannya untuk mengelola manusia, modal, material, dan mesin, tetapi melupakan unsur penting yang kelima yaitu ....

a.    pelanggan.

b.    pinjaman dari bank.

c.    informasi.

d.    pasar produknya,

e.    relasi bisnis.


10.  Perkembangan pemasaran dari usaha yang tadinya bersifat lokal ke regional/nasional bahkan internasional perlu didukung oleh ....

a.    modal yang besar.

b.    pegawai yang banyak.

c.    informasi yang akurat.

d.    penjualan yang tinggi.

e.    data masa lalu.


11.  Suatu perusahaan seharusnya mempunyai struktur yang berlanjut dan saling berkait dari orang, peralatan dan prosedur yang ditujukan untuk mengumpulkan, menyaring, menganalisis dan membagikan informasi yang spesifik, tepat waktu dan cermat untuk digunakan oleh manajemen pemasaran, dikenal sebagai....

a.    sistim informasi perusahaan.

b.    sistim manajemen usaha.

c.    manajemen informatika.

d.    teknologi informasi pasar.

e.    sistim informasi pemasaran.


12.  Riset pemasaran adalah salah satu dari empat komponen ....

a.    sistim informasi perusahaan.

b.    sistim manajemen usaha.

c.    manajemen informatika.

d.    teknologi informasi pasar.

e.    sistim informasi pemasaran.


13.  Untuk mengantisipasi perkembangan persaingan yang semula dititik beratkan pada harga ke persaingan bukan harga, maka sangat diperlukan ....

a.    teman bisnis.

b.    pedagang besar yang handal.

c.    pengecer yang cekatan.

d.    penelitian yang canggih.

e.    informasi yang benar.


14.  Perkembangan orientasi (arah) usaha perusahaan/organisasi yang semula dari kebutuhan pembeli menjadi keinginan pembeli, sangat membutuhkan ....

a.    modal yang besar.

b.    pegawai yang banyak.

c.    informasi yang akurat.

d.    penjualan yang tinggi.

e.    data masa lalu.


15.  Disain, pengumpulan, analisis dan pelaporan yang sistematis atas data dan segala penemuan yang relevan dengan situasi pemasaran tertentu yang dihadapi perusahaan, disebut sebagai....

a.    sistem intelijen pemasaran.

b.    riset pemasaran.

c.    sistem pemasaran analisis.

d.    sistem pelaporan internal.

e.    jawaban a, b, c dan d benar semua.


16.  Ruang lingkup riset pemasaran meliputi....

a.    penentuan karakteristik pasar.

b.    pengukuran potensi pasar.

c.    analisis pangsa pasar.

d.    analisis penjualan.

e.    semua jawaban benar.


17.  Perusahaan yang menghimpun informasi tentang konsumen dan perdagangan secara periodik untuk kemudian menjualnya kepada kliennya, dikenal sebagai perusahaan ....

a.    sindikat jasa riset.

b.    riset pemasaran menurut pesanan.

c.    riset pemasaran khusus.

d.    sindikat riset khusus.

e.    jasa riset khusus.


18.  Riset pemasaran dimaksudkan untuk memahami ... dengan lebih baik.

a.    calon pelanggan.

b.    usaha-usaha pesaing.

c.    masalah pemasaran.

d.    pemasaran barang/jasa.

e.    penjualan.


19.  Persyaratan riset/penelitian adalah....

a.    sistimatis.

b.    berencana.

c.    mengikuti konsep ilmiah.

d.    jawaban a dan c benar.

e.    jawaban a, b dan c benar.


20.  Langkah pertama dalam riset pemasaran yang efektif (berhasil) adalah ....

a.    mengembangkan sumber informasi.

b.    mengumpulkan informasi.

c.    menganalisis informasi.

d.    menyajikan penemuan.

e.    menetapkan masalah dan tujuan riset.


21.  Sistimatika yang menjadi syarat riset bertujuan untuk ....

a.    efektifitas kegiatan.

b.    efisiensi kegiatan.

c.    survai awal.

d.    merumuskan masalah.

e.    melakukan studi kepustakaan.


22.  Data primer diperoleh dengan cara....

a.    mengeksplorasi perpustakaan.

b.    membaca majalah.

c.    mewawancarai sumber informasi.

d.    membaca buku-buku.

e.    mengumpulkan data pemerintah.


23.  Informasi yang sudah tersedia/telah dikumpulkan dengan tujuan lain, dapat kita gunakan sebagai ...

a.    data primer.

b.    data sekunder.

c.    data tersier.

d.    data serba guna.

e.    semua jawaban benar.


24.  Pendekatan riset dapat berupa ....

a.    observasi/pengamatan.

b.    survai

c.    eksperimen.

d.    kelompok utama.

e.    semua jawaban benar.


25.  Perangkat riset dapat berupa ....

a.    kuesioner/daftar pertanyaan.

b.    peralatan mekanis.

c.    survai.

d.    jawaban a dan b benar.

e.    jawaban a, b dan c benar.


26.  Contoh sumber data sekunder yang berasal dari dalam perusahaan yaitu ....

a.    laporan Rugi-Laba perusahaan.

b.    Neraca. keuangan.

c.    Data penjualan.

d.    jawaban a dan b benar.

e.    jawaban a, b dan c benar.


27.  Ada beberapa macam metode pokok dalam menghimpun data primer, yaitu ….

a.    observasi.

b.    kelompok fokus.

c.    survai.

d.    eksperimen.

e.    jawaban a, b, c dan d benar semua.

28.  Melihat secara mendalam mengenai persepsi konsumen, sikap konsumen, dan kepuasannya, yang merupakan aspek penting dalam mendefinisikan masalah yang harus diteliti secara formal.

a.    observasi.

b.    kelompok fokus.

c.    survai.

d.    eksperimen.

e.    jawaban a, b, c dan d benar semua.


29.  Metode yang cocok untuk riset yang bersifat penyelidikan adalah ….

a.    observasi.

b.    kelompok fokus.

c.    survai.

d.    eksperimen.

e.    jawaban a, b, c, dan d benar semua.


30.  Jika kita ingin mengetahui apa yang dimakan dan diminum oleh para peserta diklat (siswa) SMK Negeri 43, kita dapat mengetahui jawabannya dari ....

a.    pemilik kantin.

b.    sampahnya.

c.    peserta diklatnya sendiri.

d.    jawaban a dan c benar.

e.    jawaban a, b dan c benar.



          ESSAY :

         1. Jelaskan Pengertian Pasar

         2. Sebutkan dan jelaskan funsi pasar

         3. Apa yang dimaksud Analisa Pasar
    
         4. Sebutkan langkah langkah melakukan analisa Pasar

         5. Jelaskan pengertian Segmentasi Pasar
          

         
         
           JAWABAN;
          
 1.Pengertian Pasar adalah sebuah tempat bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan    transaksi jual-beli, baik itu barang ataupun jasa.   

 2.Fungsi Pasar secara umum adalah menetapkan harga suatu barang atau jasa, mengorganisasi dan mendistribusikan serta membatasi konsumsi dari produksi yang tersedia, selain itu Pasar juga berfungsi sebagai fasilitator untuk mengelola tabungan atau saving dan investasi.
3.Analisis Pasar adalah suatu penganalisasisan atau penyelenggaran untuk mempelajari berbagai masalah pasar. Analisis pasar akan menyangkut lokasi pasar, luasnya pasar, sifatnya pasar dan karakteristik pasar. Keberhasilan usaha perusahaan dapat ditentukan oleh ketepatan strategi pemasaran yang di terapkannya dengan dasar memeperhatikan situasi dan kondisi dari analisis pasarnya. Di dalam mengnalisis pasar, perusahaan perlu meninjau jenis pasar produknya, motif dan perilaku, segmenp[asatr dan penentu sasaran pasarnya.
4.Langkah langkah analisa pasar;

1.Menentukan Pasar Relevan (Relevant Market)

Langkah atau tahapan pertama yang harus dilakukan dalam analisis pasar yaitu menentukan pasar yang relevan. Pasar relevan merupakan serangkaian produk atau jasa di dalam struktur pasar produk total (total product market) yang dinilai pihak manajemen sangat penting dan strategis. Penentuan pasar relevan meliputi dua langkah pokok. Yang pertama, manajemen berusaha menggambarkan dan mendefinisikan pasarnya terlebih dahulu. Dan yang kedua, manajemen menggambarkan struktur pasar-produk beserta batas-batas pasar relevan.

2.Menganalisis Permintaan Primer untuk Pasar Relevan

Langkah yang kedua dalam analisis pasar yaitu menganalisis permintaan primer untuk pasar relevan. Permintaan primer ini mencakup permintaan pada level kelas produk (product class level). Di dalam langkah yang kedua ini, manajemen harus berusaha menggambarkan profil atau karakteristik pembeli dan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses pembelian untuk semua merk dan produk dalam pasar relevan. Dengan kata lain, manajemen harus berupaya mendiagnosis siapa pembeli dan non-pembeli dalam pasar relevan dan mengapa mereka membeli atau tidak membeli sebuah produk.
3. Menganalisis Permintaan Selektif Dalam Pasar Relevan
Dalam melakukan langkah-langkah analisis pasar, permintaan selektif adalah permintaan terhadap suatu merk atau pemasok spesifik dalam pasar relevan. Dalam menganalisis permintaan selektif, manajemen lebih berfokus pada pemahaman atas pilihan merk atau pemasok di dalam pasar relevan. Untuk memeriksa perbedaan-perbedaan, kebiasaan-kebiasaan para pembeli dan pola pembeliannya, maka pihak manajemen pemasaran harus menerapkan strategi segmentasi pasar. Diantaranya adalah melakukan identifikasi tipe proses keputusan, dan identifikasi atribut determinan.

4. Menetapkan Segmen Pasar

Dalam langkah ini, pihak manajemen harus memahami berbagai cara untuk mengelompokkan konsumen kedalam segmen-segmen yang para anggotan ya memiliki respons yang sama terhadap program pemasaran spesifik. Ada beberapa ketentuan untuk menetapkan segmentasi pasar yang baik, seperti segmentasi pasar harus mudah dijangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. Segmentasi pasar harus mudah diukur, dan sesuai dengan kelayakan pemasar. Sesuai dengan kelayakan pemasar maksudnya bisa mengukur segmentasi pasar sesuai dengan kemampuan pemasaran produk. Jika segmen yang pilih memiliki banyak kendala, maka proses pemasaran tidak akan berjalan dengan lancar.

5. Menilai Persaingan

Pihak manajemen harus menilai produk/merknya dibandingkan dengan tawaran dari pesaingnya. Salah satu cara yang cukup efektif untuk mendapatkan informasi penting mengenai pesaing adalah melalui competitive intelligence.

6. Mengidentifikasi Pasar Sasaran Potensial

Langkah terakhir yang harus Anda lakukan dalam analisis pasar yaitu mengidentifikasi pasar sasaran. Tujuan akhir dari tahapan ini adalah untuk mengidentifikasi peluang terbaik guna menciptakan pelanggan yang puas dan loyal.
5. Segmentasi pasar adalah kegiatan membagi suatu pasar menjadi kelompok-kelompok pembeli yang berbeda yang memiliki kebutuhan, karakteristik, atau perilaku yang berbeda yang mungkin membutuhkan produk atau bauran pemasaran yang berbeda. Segmentasi pasar juga dapat diartikan sebagai proses pengidentifikasian dan menganalisis para pembeli di pasar produk, menganalisis perbedaan antara pembeli di pasar.




     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar