1. Jelaskan Pengertian Segmentasi
Pasar, dan sebutkan tujuan dilakukannya segmentasi pasar oleh
perusahaan.
Jawab: Segmentasi
pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau
segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda. Segmentasi pasar dapat
dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi
kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa
ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan,
lokasi, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Tujuan:
Tujuan:
1.Pasar lebih mudah dibedakan
2.Pelayanan kepada pembelimenjadi lebih baik
3.Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
4.Menganalisis pasar
5.menemukan ceruk peluang
6.Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
7.Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien
2. Dalam melakukan
segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
a. Measurable : Segmen
pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah
pelanggan,ukuran dan daya beli dalam
segmen ini).
b. subtantial : Segmen
pasar dari kelompok yang homogen dengan
karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi
dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini. Tidak ada ahli
segmentasi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan
yang tidak stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua tahun.
c. Accesible : Kekuatan
dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan.Informasi yang dapat dijangkau
dan dilayani sacara efektif
d. Diferentiable : Segmentasi
pasar yang dapat dibedakan.Segmen pasar yang ideal di sisi
internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi
dan karakteristik yang sama
3 Diantara penetapan segmentasi
pasar ada yang berpedoman pada:
a. Preferensi
Pelanggan : Persepsi keinginan pelanggan (bahan makanan)
Contoh:merk saus dengan bahan alami
untuk yang tidak menyukai yang terdengar kimia
b. Sensitifitas harga : Kepekaan harga
setiap orang yang berbeda beda
contoh:konsumen iphone yang membeli smartphone yang dianggap mahal,tapi
tidak bagi konsumen yang tahu kelebihan produk itu
4. Jelaskan maksud pengelompokan
segmentasi pasar berdasarkan
a. Demografis :
Pengelompokkan penduduk (umur,jenis kelamin,pendapat)
b. Geografis :Pengelompokkan kebutuhan dan keinginan
yang serupa jika tinggal didaerah yang sama begitupun sebaliknya.
5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar
dengan Analis Pasar.Jawab:Hubungan antara segmentasi pasar dengan analisis pasar karena setelah
melakukan analisis pasar,perusahaan dapat melakukan segmentasi/pengelompokkan
pasar.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar