MARKETING

MARKETING
X BDP

Minggu, 15 September 2019

SOAL ESAY TENTANG SEGMENTASI PASAR




1. Jelaskan Pengertian Segmentasi Pasar, dan sebutkan tujuan  dilakukannya segmentasi pasar oleh perusahaan.
Jawab: Segmentasi pasar adalah proses membagi calon konsumen potensial ke dalam kelompok, atau segmen, berdasarkan karakteristik yang berbeda. Segmentasi pasar dapat dimaksudkan sebagai pembagian pasar yang berbeda-beda (heterogen) menjadi kelompok-kelompok pasar yang homogen, di mana setiap kelompoknya bisa ditargetkan untuk memasarkan suatu produk sesuai dengan kebutuhan, keinginan, lokasi, ataupun karakteristik pembeli yang ada di pasar tersebut.
Tujuan:
1.Pasar lebih mudah dibedakan
2.Pelayanan kepada pembelimenjadi lebih baik
3.Strategi pemasaran menjadi lebih mengarah
4.Menganalisis pasar
5.menemukan ceruk peluang
6.Menguasai posisi yang superior dan kompetitif
7.Menentukan strategi komunikasi yang efektif dan efisien


 2. Dalam melakukan segmentasi pasar harus memenuhi kriteria sbb:
 a. Measurable :  Segmen pasar harus diukur berdasarkan nilai atau volume penjualan (yaitu jumlah pelanggan,ukuran dan daya beli  dalam segmen ini). 
 b. subtantial :  Segmen pasar  dari kelompok yang homogen dengan karakteristik yang jelas seperti kelompok usia, latar belakang sosio-ekonomi dan persepsi merek. Hal yang “musiman” juga penting di sini. Tidak ada ahli segmentasi pasar yang akan merekomendasikan untuk fokus pada kelompok pelanggan yang tidak stabil yang kemungkinan akan bubar, satu atau dua tahun.
c. Accesible  :   Kekuatan dan kemampuan departemen pemasaran perusahaan.Informasi yang dapat dijangkau dan dilayani sacara efektif
d. Diferentiable  : Segmentasi pasar yang dapat dibedakan.Segmen pasar yang ideal di sisi internal harus homogen, (semua pelanggan di dalam segmen memiliki preferensi dan karakteristik yang sama



3  Diantara penetapan segmentasi pasar ada yang berpedoman pada:    
a. Preferensi Pelanggan : Persepsi keinginan pelanggan (bahan makanan)
       Contoh:merk saus dengan bahan alami untuk yang tidak menyukai yang terdengar kimia    
       b. Sensitifitas harga   : Kepekaan harga setiap orang yang berbeda beda
               contoh:konsumen iphone yang membeli smartphone yang dianggap mahal,tapi tidak bagi                     konsumen yang tahu kelebihan produk itu


4. Jelaskan maksud pengelompokan segmentasi pasar berdasarkan   
  a. Demografis   : Pengelompokkan penduduk (umur,jenis kelamin,pendapat)
  b. Geografis      :Pengelompokkan kebutuhan dan keinginan yang serupa jika tinggal didaerah yang    sama begitupun sebaliknya.


5. Jelaskan hubungan Segmentasi Pasar dengan Analis Pasar.Jawab:Hubungan antara segmentasi pasar dengan analisis pasar karena setelah melakukan analisis pasar,perusahaan dapat melakukan segmentasi/pengelompokkan pasar.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar